enjoyed my blog

enjoyed my blog

Senin, 08 Oktober 2012

Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI)

Seperti yang kita ketahui Likuiditas adalah kemampuan seseorang atau perusahaan untuk memenuhi kewajiban atau utang yang segera harus dibayar dengan harta lancarnya. Di Indonesia terdapat lembaga yang didirikan oleh Bank Indonesia yaitu BLBI (Bantuan Likuiditas Bank Indonesia). Bantuan liikuiditas Bank Indonesia ini adalah bantuan (pinjaman) yang diberikan Bank Indonesia kepada bank-bank yang mengalami masalah likuiditas pada saat terjadinya krisis moneter 1998 di Indonesia. Banyak kasus-kasus seperti korupsi yang terjadi setelah Bank Indonesia membantu bank-bank yang membutuhkan bantuan.


Sampai pada saat ini banyak kasus-kasus BLBI yang tidak diurus oleh pemerintahan kita, bahkan banyak orang yang bilang kasus Century lebih kecil dibandingkan kasus BLBI ini. Kenapa orang berbicara seperti itu, karena kasus BLBI ini sudah ada sejak Indonesia terkena krisis moneter yaitu pada tahun 1998, sejak saat itu bank-bank di Indonesia terus dilikuidasi oleh Bank Indonesia untuk melindungi masyarakat dengan masalah ekonomi yang sangat berat. Namun banyak pimpinan-pimpinan bank yang dilikuidasi menyelewengkan dana BLBI untuk kepentingan pribadi dan tidak menghiraukan kehidupan masyarakat. 

Analisis yang dapat saya ambil dari pemberitaan ini adalah bahwa banyak orang-orang besar yang tidak bertanggung jawab atas apa yang sudah diberikan oleh negara, dalam hal ini adalah Bank Indonesia, dan entah mengapa kasus-kasus seperti ini dinomor duakan atau dilupakan oleh pemerintah yang seperti kita ketahui kasus ini telah banyak memakan dana masyarakat yang seharusnya dimiliki oleh masyarakat tetapi dimiliki oleh punggawa-punggawa tidak bertanggung jawab.



http://id.wikipedia.org
http://koran-jakarta.com
http://nusantaranews.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar